Pusat Mustika Alam dan Pusaka Bertuah Sakti

Cara Merawat Rambut dengan Santan KELAPA




Hai sob....,tahukah anda bahwa kelapa bukan hanya enak untuk diminum,,,,,tetapi juga baik untuk kesehan rambut kita....,serius??????? ya tentu saja.....


Santan kelapa telah lama dipakai untuk perawatan kesehatan oleh para wanita sejak zaman dahulu. Santan kelapa digunakan untuk memelihara kesehatan kulit kepala dan rambut mereka, kandungan minyak yang ada pada santan kelapa dapat berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan juga meningkatkan kesehatan rambut. 


Selain itu dengan menggunakan santan kelapa, kemunculan uban dapat ditunda. Bahkan jika telah beruban, santan kelapa masih dapat mengurangi jumlah uban yang mungkin bertambah. Orang pada zaman dahulu biasanya memarut kelapa yang sudah tua, dan memerasnya sampai keluar santan. Santan itu akan ditambahkan sedikit garam dan diembunkan semalam dan esoknya tinggal di oleskan ke rambut.

Berikut ini akan dibahas cara penggunaan santan kepala untuk kesehatan kulit kepala dan rambut


 
1. Tempatkan santan kelapa dalam panci ukuran sedang. Hangatkan di atas api kecil selama 10 menit. Aduk sesekali. Jaga jangan sampai santan mendidih.


2. Pindahkan santan hangat ke dalam mangkuk. Pastikan santan cukup hangat namun tidak terlalu panas. Anda tentu tidak ingin mengoleskan santan panas ke kulit kepala.

3. Lilitkan handuk ke bahu dan leher.

4. Sisir rambut agar tidak kusut sekaligus untuk memberi pijatan pada kulit kepala.

5. Celupkan jari ke dalam mangkuk santan. Dengan jari yang sudah dicelupkan, oleskan santan ke rambut dan kulit kepala. Ulangi sampai rambut dan kulit kepala cukup basah.

6. Pijat kulit kepala dengan lembut menggunakan jari-jari atau sisir bergigi jarang. Lakukan pemijitan selama sekitar 15 menit.

7. Tutup rambut dengan shower cap selama setidaknya satu jam.

8. Cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan minyak, lalu bilas hingga bersih. Biarkan kering.